Rekomendasi Inspirasi Warna Cat Rumah Minimalis Membuat Rumah Terlihat Indah

Ivyhallreview.org – Memilih warna cat rumah minimalis merupakan salah satu bagian penting untuk membuat rumah terlihat indah.

Pasalnya, saat memilih warna cat rumah secara asal, hal ini bisa merugikan Mama dirumah sebagai penghuni rumah itu sendiri.

Misalnya, rumah akan terasa sempit dan sesak jika terlalu banyak warna yang mencolok.

Pasalnya, apa yang Mama dirumah lihat di sekitar juga bisa mempengaruhi emosi.

Untungnya, ada beberapa pilihan warna cat rumah minimalis yang bagus dan sederhana, sehingga tidak terkesan berlebihan.

Pilihan Warna Cat Rumah Minimalis

Skema Warna Cat Kamar Minimalis

Desain rumah minimalis pada umumnya memiliki warna cat rumah yang minimalis juga.

Maka Mama dirumah tak boleh memilih warna yang terlalu cerah dan mencolok. Selain itu, pemilihan warna cat rumah juga diyakini bisa menunjukkan sifat si pemilik rumah lho Mama dirumah!

Lagipula, kini warna rumah minimalis juga semakin populer.

Di banyak negara, warna cat rumah minimalis masih menjadi gaya arsitektur terpopuler saat ini dan biasanya selalu identik dengan warna putih.

Namun Mama dirumah tak perlu terpaku dengan warna putih saja.

Ingat, prinsip warna cat rumah sederhana nan minimalis selalu mengedepankan kesederhanaan.

Mama dirumah perlu pintar-pintar memilih warna cat rumah yang tepat agar rumah tetap terlihat menarik, menonjol, tidak monoton, dan tentu saja elegan.

Apa saja sih inspirasi warna cat rumah minimalis? Yuk Mama dirumah simak beberapa contohnya berikut ini!

1. Warna Netral

Warna Netral Nan Lembut

Tidak ada yang salah dengan warna putih, dan Mama dirumah pasti akan terkesima melihat begitu banyak varian warna putih yang beredar di pasaran.

Jika Mama dirumah sulit memilih cat warna rumah minimalis, padukan warna putih dengan warna netral yang akan memudahkan Mama dirumah dalam memilih kombinasi warna cat rumah minimalis lainnya.

Beberapa hal yang bisa Mama dirumah pilih adalah beige, grey, ivory, dan sebagainya. Sederhana, bukan?

Contohnya, Mama dirumah bisa memilih desain rumah minimalis sederhana yang menggunakan perpaduan putih dan abu-abu, serta pagar warna hitam.

2. Warna Beige

Warna Cat Rumah Beige

Salah satu warna netral lainnya yang sangat cocok untuk rumah minimalis adalah beige.

Warna ini bahkan seakan tidak pernah ada masa kedaluwarsanya.

Warna cat rumah sederhana ini paling cocok untuk Mama dirumah yang suka dengan warna basic namun bosan dengan warna putih atau warna abu-abu.

Jadi, Mama dirumah bisa mencoba warna krem hangat alias beige ini untuk mempercantik rumah.

3. Navy Blue

Warna Cat Rumah Navy Blue

Jika Mama dirumah memiliki rumah yang berukuran kecil, warna cat rumah sederhana yang direkomendasikan adalah navy atau biru dongker.

Dengan warna cat rumah sederhana ini, Mama dirumah akan mendapatkan persepsi kedalaman tertentu yang elegan sekaligus membuat ruangan terasa lebih nyaman.

Warna navy memang cocok dipadukan dengan berbagai warna karena sifatnya yang netral.

Namun, warna navy akan lebih pas ketika Mama dirumah gunakan bersama dengan warna netral. Misalnya warna hitam, putih, abu, atau krem.

4. Merah Muda

Warna Blush

Siapa bilang Mama dirumah tidak bisa menggunakan cat warna merah muda untuk rumah.

Ini bisa jadi inspirasi warna cat rumah minimalis selanjutnya.

Saat menggunakan warna ini, Mama dirumah akan mendapatkan kesan yang sangat lembut. Ruangan akan menjadi lebih hangat tanpa terkesan terlalu berlebihan.

Mama dirumah juga bisa memadukannya dengan furnitur abu atau hitam seperti pada sofa. Alhasil, rumah minimalis jadi semakin cantik.

5. Biru Langit

Warna Biru Langit

Jika Mama dirumah ingin mencari warna cat rumah minimalis, khusus untuk kamar tidur atau kamar anak, warna biru langit adalah pilihan tepat.

Warna yang lembut ini bisa memberikan ketenangan yang identik dengan tidur nyenyak.

Memilih warna cat rumah sederhana ini juga akan membantu ruangan terkesan lebih luas seketika asalkan Mama dirumah tidak meletakkan terlalu banyak barang di rumah.

6. Hijau Mint

Warna Mint

Tak hanya pada fashion, warna pastel juga menjadi primadona untuk inspirasi warna cat minimalis.

Warna pastel juga sepertinya akan tetap bertahan sebagai warna favorit dalam desain interior.

Salah satu warna pastel yang mungkin Mama dirumah sukai adalah warna mint, atau hijau yang paling muda.

Mama dirumah bisa mengombinasikan warna cat rumah mint dengan kontras hijau yang lembut supaya memberikan keseimbangan pada interior.

7. Warna Peach

Warna Peach

Ingin rumah jadi seakan bercahaya? Coba pilih peach sebagai warna cat rumah minimalis.

Peach adalah warna pastel juga yang merupakan campuran oranye dan pink pucat.

Warna ini akan memberikan kesan luas dan hangat yang cocok untuk rumah berukuran kecil sekalipun.

Tak hanya itu, warna peach juga ideal untuk kamar tidur. Terutama kamar tidur perempuan karena peach termasuk dalam warna yang cukup feminin.

Nuansa peach dikaitkan dengan vitalitas, kegembiraan, energi, dan kreativitas sehingga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Mama dirumah dalam membuat desain interior.

8. Warna Cokelat

Warna Coklat

Contoh inspirasi warna cat rumah minimalis selanjutnya adalah cokelat.

Warna ini juga bisa dipadukan dengan beberapa warna untuk kesan yang elegan.

Warna cokelat adalah warna netral yang membuat tampilan rumah menjadi klasik sekaligus tetapi tetap terlihat elegan.

Mama dirumah bisa memadukan warna cokelat pada berbagai ruangan di dalam rumah.

Selain itu, warna cokelat yang memiliki banyak gradasi akan memberikan kesan yang hangat dan bisa memaksimalkan pencahayaan dalam ruangan.

9. Perpaduan Warna Cat Monokromatik

Perpaduan Warna Monokromatik

Seperti kebanyakan gaya arsitektur minimalis yang kini tengah banyak digandrungi, skema palet warna monokromatik akan tetap menjadi tren warna cat rumah minimalis.

Artinya, Mama dirumah akan melihat lebih banyak rumah yang menggunakan beragam warna cat yang serupa.

Namun, kurangnya kontras dan aksen pada sebagian besar cat warna rumah minimalis akhirnya mendorong desainer untuk memilih perpaduan warna yang lebih eksperimental dan berani.

Terkait dengan elemen desain minimalis lainnya, skema monokromatik mengambil alih dominasi visual desain agar lebih menarik dan mudah dipahami.

Artinya, skema warna monokromatik bisa memadukan aksen warna-warna cerah dengan yang lebih lembut.

Ingat, memasukkan berbagai warna yang berani bisa membuat kekacauan pada desain rumah sehingga skema warna monokromatik dapat mengatasi masalah ini.

Skema warna monokromatis akan menghasilkan spektrum dengan berbagai pilihan kombinasi warna cat rumah minimalis untuk setiap bagian desain rumah.

Jadi Mama dirumah bisa menggunakan satu warna namun dengan berbagai tingkat shades yang masih tetap menonjolkan sisi elegannya.

10. Warna yang Dingin atau Hangat

Warna yang Dingin atau Hangat

Jika Mama dirumah mengecat dinding dengan warna-warna sejuk (hijau, biru, ungu, atau abu-abu), padukan juga dengan varian warna putih yang juga berkesan lebih sejuk (putih dingin).

Begitu pula jika Mama dirumah memilih cat warna rumah minimalis yang lebih hangat (bernuansa merah, coklat, jingga, kuning, atau peach), pilih varian warna putih yang memiliki sedikit kehangatan (warm white).

Pemilihan tone warna di sini akan lebih berpengaruh bila diaplikasikan untuk interior, dibandingkan eksterior rumah, karena Mama dirumah akan lebih lama berada di dalamnya dan langsung merasakan dampaknya.

Disarankan untuk memilih cat warna dalam yang sejuk jika Mama dirumah membangun rumah di daerah yang panas, seperti di Indonesia.

Begitu pula sebaliknya, pilih cat warna dalam yang hangat jika Mama dirumah membangun rumah di tempat berhawa dingin.

11. Warna Kontras

Warna Kontras

Tidak sedikit juga orang menganggap bahwa desain rumah minimalis merupakan tampilan yang terkesan familiar dan dianggap basi.

Namun, penambahan kontras bisa mencegah hal ini, meski hanya sedikit saja dan mengedepankan estetika.

Misalnya, menggabungkan warna cat rumah minimalis dengan tambahan warna lain yang sedikit mencolok.

Bisa juga dengan menggunakan furniture bermotif atau warna cerah untuk menghasilkan kontras sehingga desain ruangan tidak monoton.

12. Sedikit Aksen Warna Mencolok

Sedikit Aksen

Jika Mama dirumah ingin mempertahankan prinsip bahwa putih akan menciptakan kesederhanaan dan minimalis, tetapi ingin menambahkan elemen baru yang tidak terlihat dominan, gunakan aksen dengan warna yang mencolok, seperti merah.

Kenapa merah? Dalam psikologi warna, merah dikategorikan sebagai warna hangat.

Sifatnya yang mencolok menjadikan warna merah sebagai warna yang bagus untuk digunakan sebagai aksen pada sebuah ruangan, baik itu ruang tamu, ruang kerja, ruang makan maupun ruang keluarga.

Jika Mama dirumah memilih warna netral untuk ruangan di rumah, maka kehadiran warna merah akan menjadi aksen yang menarik.

13. Berikan Tekstur di Warna Cat Rumah Minimalis

Berikan Tekstur

Jika tetap ingin menggunakan warna cat rumah sederhana seperti putih, Mama dirumah bisa mencoba menonjolkan tekstur sebagai aksen yang kontras dengan warna cat putih.

Ini juga tepat untuk Mama dirumah yang tidak suka terlalu banyak warna.

Gunakan solusi kreatif ini untuk menciptakan desain yang eye catching, namun tetap mengedepankan prinsip desain minimalis yang simpel namun elegan.

Menurut Cathie Hong, seorang ahli desain interior, salah satu cara menambahkan tekstur dalam ruangan adalah dengan menambahkan wallpaper.

“Penggunaan wallpaper dapat menambah kedalaman, tekstur, dan warna dengan cara yang tidak bisa dilakukan cat,” ujarnya seperti yang dilansir dari The Spruce.

Dari banyak pilihan warna di atas, mana nih warna cat rumah minimalis yang paling Mama dirumah suka?

Selain memilih warna cat rumah yang tepat, Mama dirumah juga perlu menyesuaikan juga model dan warna furnitur yang digunakan, supaya rumah semakin cantik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *